Syarat Pengajuan KTA Danamon Dan Dokumen Yang Harus Disiapkan

Syarat Pengajuan KTA Danamon

KTA atau kredit tanpa agunan adalah produk unggulan Bank Danamon yang diperuntukkan bagi nasabah yang membutuhkan dana secara cepat untuk keperluan pribadi, seperti untuk biaya pengobatan, biaya pengobatan, atau bahkan untuk biaya berlibur. Dalam meminjam dana KTA Danamon, ada beberapa syarat pengajuan KTA Danamon yang perlu diperhatikan.

Syarat Pengajuan KTA Danamon

Dalam mengajukan kredit tanpa agunan di Bank Danamon, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Beberapa syarat pengajuan yang harus dipenuhi adalah:

1. Memiliki Status Kewarganegaraan Indonesia

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan di bank Danamon, maka salah satu syarat pengajuan KTA Danamon yang harus dipenuhi adalah nasabah harus memiliki kewarganegaraan Indonesia. Jika seorang warga negara asing mengajukan pinjaman KTA, maka otomatis pengajuannya akan ditolak oleh pihak bank. Ini karena produk kredit tanpa agunan dibuat khusus untuk warga negara Indonesia

2. Berusia Minimal 21 tahun

Nasabah yang ingin mengajukan kredit tanpa agunan harus memiliki usia 21 tahun. Hal ini disebabkan karena warga negara yang memiliki usia 21 tahun telah memiliki tanggung jawab hukum sebagai orang dewasa. Jadi, jika nasabah mangkir atau memiliki masalah di tengah proses pembayaran KTA, pihak bank bisa menuntut secara hukum kepada nasabahnya.

3. Memiliki Penghasilan

Jika ingin mengajukan kredit tanpa agunan, nasabah harus memastikan bahwa dirinya memiliki penghasilan tetap per bulannya. Dalam syarat pengajuan KTA Danamon, menetapkan bahwa penghasilan minimum calon debitur harus di atas satu juta rupiah (Rp. 1.000.000,-).

Jika penghasilan di bawah limit minimum, maka pengajuan kredit tanpa agunan akan otomatis ditolak oleh pihak bank. Ini karena, dikhawatirkan calon debitur tidak akan mampu membayar tagihan bulanan yang ditetapkan dan dihitung berdasarkan suku bunga yang berlaku.

4. Memiliki Sisa Masa Kontrak 8 Bulan

Syarat yang lain adalah memiliki sisa masa kontrak minimal 8 bulan kerja. Syarat ini berlaku hanya untuk karyawan kontrak. Hal ini ditetapkan karena karyawan dengan sisa kontrak 8 bulan dinilai mampu untuk membayar tagihan bulanan KTA Danamon. Sedangkan sisa kontrak di bawah 8 bulan (misalnya sisa kontrak 7 bulan) dianggap tidak mampu membayar biaya tagihannya.

5. Limit Kartu Kredit Minimal 5 Juta

Jika nasabah adalah pengguna kartu kredit dan ingin mengajukan permintaan pinjaman kredit tanpa agunan, maka harus memastikan bahwa limit kartu kredit minimal 5 juta. Selain itu, sebelum mengajukan permintaan KTA, nasabah diwajibkan untuk lebih dulu menyelesaikan seluruh pembayaran dan tagihan yang ada di kartu kredit terlebih dahulu.

Karena, jika masih memiliki tanggungan hutang dari kartu kredit, dikhawatirkan nasabah tidak akan mampu membayar tagihan bulanan dari pinjaman kredit tanpa agunan. Inilah kenapa nasabah harus menyelesaikan seluruh pembayaran dan tagihan yang ada di kartu kredit.

6. Membawa Dokumen yang Dibutuhkan

Seorang nasabah yang ingin mengajukan kredit tanpa agunan harus membawa dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan. Untuk mengajukan permohonan KTA, memang ada beberapa dokumen yang wajib dibawa.

Baca juga: KTA Buat Mahasiswa, Mungkinkah?

Dokumen yang Harus Disiapkan Untuk Pengajuan

Dalam mengajukan kredit tanpa agunan, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh debitur. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan berbeda berdasarkan profesi yang dilakoni. Dokumen yang harus disiapkan karyawan tentu berbeda dengan dokumen yang harus disiapkan wirausahawan dan profesional. Berikut adalah dokumen yang harus disiapkan karyawan, wirausahwan, dan profesional berdasarkan pekerjaan masing-masing.

  1. Dokumen Pengajuan Untuk Karyawan

Jika nasabah seorang karyawan kantor ataupun karyawan kontrak, ada beberapa dokumen yang harus dibawa untuk syarat pengajuan KTA Danamon. Beberapa dokumen itu adalah sebagai berikut:

  • KTP/KITAS: Fotokopi KTP ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa calon debitur adalah warga negara Indonesia, sesuai dengan syarat pengajuan KTA.
  • Bukti Penghasilan per bulan (Slip Gaji/SKP/SPT): Bukti penghasilan ini dibutuhkan juga untuk memastikan bahwa calon debitur memiliki penghasilan minimum debitur (Rp 800.000,-) atau lebih, sesuai dengan syarat pengajuan KTA.
  • Fotokopi Kartu Kredit.
  • Kartu NPWP dan fotokopinya (jika perlu).
  1. Wirausaha

Berbeda dengan karyawan, dokumen yang harus dibawa seorang wirausahawan tidak perlu melampirkan bukti penghasilan ataupun slip gaji. Ini karena seorang wirausahawan memang tidak memiliki gaji per bulan. Selain itu, wirausahawan wajib membawa fotokopi rekening bulanan. Berikut dokumen yang harus dibawa seorang wirausahawan yang ingin mengajukan KTA:

  • Salinan KTP/KITAS: Fotokopi KTP ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa calon debitur adalah warga negara Indonesia, sesuai dengan syarat pengajuan KTA.
  • Kartu Kredit dan salinannya,
  • Rekening Tabungan dan salinannya (3 bln terakhir): Fotokopi ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa usaha yang dijalankan calon debitur memiliki keuntungan yang stabil, sehingga dipastikan mampu untuk membayar tagihan bulanan.
  • Kartu NPWP dan fotokopinya.
  • Fotokopi Akta Pendirian/SIUP/TDP: Dibutuhkan untuk memastikan bahwa calon debitur benar-benar memiliki usaha yang legal.
  1. Profesional

Berbeda karyawan, berbeda wirausahawan, berbeda pula dokumen yang harus dibawa seorang profesional jika ingin mengajukan pinjaman KTA. Berikut beberapa dokumen yang harus dilengkapi:

  • Fotokopi KTP/KITAS: Fotokopi KTP ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa calon debitur adalah warga negara Indonesia, sesuai dengan syarat pengajuan KTA.
  • Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT): Bukti penghasilan ini dibutuhkan juga untuk memastikan bahwa calon debitur memiliki penghasilan minimum debitur (Rp 800.000,-) atau lebih, sesuai dengan syarat pengajuan KTA.
  • Fotokopi Kartu Kredit,
  • Fotokopi Surat Izin Profesi: Fotokopi ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa calon debitur benar-benar seorang profesional di bidangnya dan memiliki penghasilan yang cukup.
  • Kartu NPWP dan fotokopinya.

Itu adalah beberapa syarat pengajuan KTA Danamon yang harus dimiliki calon debitur. Untuk informasi lain terkait Bank Danamon, bisa mengunjungi https://www.cekaja.com/banks/danamon/pinjaman yang memuat banyak informasi terkait KTA Danamon.

 

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *