Ingin Mengajukan KTA Bank Danamon, Inilah Tips Agar Pengajuan KTA Danamon Disetujui

Pengajuan KTA Danamon Disetujui

Bank Danamon memiliki produk layanan pinjaman KTA yang bisa menjadi pilihan nasabah untuk masalah keuangan. Bagi yang beberapa kali mencoba mengikuti layanan ini tapi belum berhasil disetujui, berikut beberapa tips agar pengajuan KTA Danamon disetujui.

1. Memastikan  Tidak Memiliki Riwayat Keuangan Yang Buruk

Memastikan jika tidak memiliki riwayat keuangan yang buruk merupakan tips agar pengajuan KTA Danamon disetujui yang pertama. Hal ini dikarenakan semua bank yang melayani pengajuan KTA termasuk Danamon akan mengecek reputasi kredit calon peminjam melalui BI Checking. Dari sana bank akan melihat reputasi kredit calon peminjam apakah baik atau malah buruk.

Oleh karena itu sebelum mengajukan KTA, sebaiknya perbaiki riwayat kredit (jika cukup buruk). Misalnya segera lakukan pelunasan pada sejumlah cicilan dan lainnya. Jika riwayat keuangan baik akan tercatat pada BI baik juga, sekaligus memudahkan bank untuk menyetujui pengajuan KTA.

2. Melengkapi Dokumen Yang Dibutuhkan

Bank Danamon mewajibkan calon peminjam untuk menyerahkan beberapa dokumen yang harus dilengkapi sebagai persyaratan pengajuan KTA. Seperti diantaranya fotocopy surat nikah, kartu kredit, NPWP, KTP, Surat Keterangan Penghasilan, KK serta rekening bank selama 3 bulan terakhir.

Selain persyaratan dokumen, calon peminjam juga dituntut untuk mengisi form pengajuan. Usahakan untuk mengisi data yang sebenar-benarnya. Jika kelengkapan dokumen sudah terpenuhi dengan benar akan semakin mempermudah pihak bank. Apalagi kalau bukan menyetujui pengajuan KTA calon peminjam.

3. Pastikan Memiliki Penghasilan Yang Mencukupi

Bank Danamon mensyaratkan penghasilan calon peminjam minimal 2 juta rupiah (KTA Dana Instan). Untuk itu pastikan dulu telah memiliki penghasilan yang nominal nya 2 juta atau bahkan di atasnya pun lebih baik. Semakin tinggi penghasilan, maka bank akan semakin percaya untuk memberikan pinjaman.

Hal ini karena jika penghasilan calon peminjam lebih banyak, maka otomatis pengembalian angsuran pinjaman KTA nantinya juga lancar. Penghasilan yang banyak dianggap tidak akan sulit untuk membayar sisa angsuran. Oleh sebab itu, pastikan jumlah penghasilan sudah 2 juta atau lebih.

4. Memiliki Kartu Kredit Dan Tidak Pernah Sampai Overlimit

Walaupun kartu kredit bukan syarat utama, beberapa bank mewajibkan kepemilikan kartu kredit untuk dapat mengajukan KTA, termasuk bank Danamon. Pastikan jika ingin mengajukan KTA bank Danamon telah memiliki kartu kredit. Jangan lupa pula kartu kredit harus sudah digunakan setidaknya setahun dan usahakan tidak sampai overlimit.

Jika sampai sering telat membayar atau overlimit, hal ini bisa berdampak buruk pada keputusan bank danamon memberikan pinjaman KTA. Oleh karena itu, usahakan kartu kredit dibayar pada waktunya agar mendapatkan reputasi bagus dan mendapat pinjaman KTA.

5. Pastikan Usia Debitur Sudah 21 Tahun

Beberapa bank mensyaratkan usia bagi calon peminjam produk pinjaman KTA. Termasuk Bank Danamon yang mengharuskan debitur telah berusia 21 tahun ke atas. Agar tidak ditolak saat melakukan pengajuan, pastikan dulu pemohon sudah cukup umur.

Selain usia minimal, perlu diperhatikan juga usia maksimal calon peminjam. Bank Danamon membatasi calon debitur untuk melakukan peminjaman KTA maksimal berusia 55 tahun. Jika usia sudah lewat tersebut untuk menghindari penolakan sebaiknya cari pengganti orang lain misalnya anak atau saudara.

6. Sebaiknya Mengecek Terlebih Dahulu Kondisi Keuangan

Perlu dilakukan juga untuk mengecek kondisi keuangan ketika akan melakukan pinjaman keuangan. Coba hitung rasio utang dengan kondisi keuangan saat itu. Apakah kira-kira mampu untuk menanggung utang baru nanti apabila KTA bank Danamon disetujui.

Meskipun begitu, bank Danamon juga akan menghitung dulu rasio utang calon peminjam. Maka sebaiknya lihat dulu kondisi keuangan, jika tidak mau pengajuan KTA ditolak.

7. Ikuti Semua Proses Pangajuan Dengan Baik

Sama dengan proses pengajuan KTA untuk bank-bank lain (Tidak hanya bank Danamon) pihak bank akan melakukan serangkaian langkah-langkah. Misalnya seperti survey atau langkah verifikasi data yang kadang membutuhkan waktu yang lumayan lama. Dalam hal ini sebaiknya calon debitur tetap mengikuti semua prosesnya dengan sabar dan baik.

Dengan tetap mengikuti prosedur dengan baik, maka proses pengajuan akan lancar tanpa pending sama sekali. Pastikan juga untuk selalu mengaktifkan nomer telepon. Jika bank sewaktu-waktu menghubungi akan lebih mudah.

8. Usahakan Mempunyai NPWP

Kepemilikan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan salah satu persyaratan Bank Danamon untuk memberikan layanan KTA. Biasanya bank Danamon akan menginstruksikan pada calon peminjam untuk melampirkan NPWP berupa fotocopi. Jika kelengkapan data ini cepat ditunjukkan maka proses KTA disetujui pun semakin lebih mudah.

NPWP ini dinilai penting bagi bank, termasuk bank Danamon. Hal ini karena pihak bank secara tidak langsung ingin tahu apakah calon peminjam cukup patuh membayar pajak. Selanjutnya akan menjadi ukuran kepatuhan dalam membayar angsuran KTA nantinya

9. Pastikan Pernah Melakukan Transaksi Kredit

Tips agar pengajuan KTA Danamon disetujui yang terakhir yaitu dengan memastikan pernah terlibat transaksi kredit. Entah itu cicilan rumah, kendaraan atau yang lainnya. Ini menjadi sangat penting bagi pihak bank, termasuk bank Danamon.

Dengan melihat rekam jejak aktivitas transaksi kredit calon debitur, bank bisa sekaligus dapat menilai. Apakah orang tersebut lancar dalam pembayaran, atau tidak. Ini bisa menjadi pertimbangan mereka untuk menyetujui pengajuan KTA. Yang terpenting pastikan juga transaksi kredit yang dilakukan termasuk baik jangan banyak tunggakan yang malah memperburuk citra calon peminjam sendiri.

Baca juga: Ingin Mudik Naik Pesawat Terbang? Lakukanlah 5 Hal Ini!

Itulah beberapa tips agar pengajuan KTA Danamon disetujui. Bagi yang ingin melakukan pengajuan KTA ini pahami terlebih dahulu persayaratannya dengan cek melalui website https://www.cekaja.com/banks/danamon/pinjaman.

 

 

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *