5 Bentuk Inovasi Inklusi Keuangan yang Ada di Indonesia

inovasi keuangan

Inovasi inklusi keuangan sangat dibutuhkan karena hingga sekarang masih saja ada sebagian masyarakat yang belum tahu. Padahal, inklusi keuangan sangat bermanfaat untuk menunjang karir maupun kontrol keuangan sehari-harinya. Untuk mengetahui apa saja inovasi yang ada, silakan simak beberapa uraian berikut ini.

1. Inovasi di Bidang Asuransi

Bidang asuransi sudah berkembang secara luas di Indonesia. Saat ini, jenis-jenisnya juga sudah dikenal luas oleh masyarakat. Mulai dari asuransi keuangan, asuransi jiwa, asuransi kebakaran, dan sebagainya. Dengan adanya inklusi keuangan, program asuransi yang tengah dijalankan bisa lebih dirasakan oleh masyarakat secara luas.

Inklusi keuangan dalam asuransi memiliki dampak besar terhadap ekspansinya. Misalnya penetrasi yang ada di kawasan Lombok. Saat ini, masyarakat yang berasuransi baru 3%. Dengan mendirikan berbagai cabang kantor asuransi, dengan sendirinya program asuransi yang diterbitkan bisa dijangkau oleh masyarakat Lombok dan sekitarnya.

Inovasi selanjutnya berupa aplikasi yang bisa diakses lewat smartphone masing-masing. Beberapa fiturnya bisa dipakai untuk memantau polis asuransi. Ada pula yang bahkan bisa digunakan untuk mengklaim asuransi tanpa harus ke kantor layanan. Dengan berkembangnya era digital, inovasi-inovasi semacam ini jadi lebih mudah direalisasikan.

2. Inovasi di Bidang Reksadana

Di bidang reksadana juga mendapat sentuhan khusus berkat pengembangan atau inovasi terhadap inklusi keuangan. Salah satunya yang dilakukan oleh OJK dalam salah satu kampanye programnya yang bertajuk Reksa Dana Mini Mart. Hanya dengan mengunjungi minimarket setempat, Anda sudah bisa mengikuti program atau investasi reksadana.

Kampanye selanjutnya adalah Reksa Dana Syariahku atau SAKU. Tujuannya sama saja, yakni untuk mendistribusikan inovasi inklusi keuangan seluas mungkin. Mengingat selama ini belum banyak kawasan pinggir kota hingga pedesaan yang mengenal betul manfaat dari investasi reksadana. Padahal bisa dirasakan dampak positifnya pasca pensiun.

3. Inovasi di Bidang Bantuan Sosial

Di ranah bantuan sosial juga mendapat perkembangan bagus berkat adanya inklusi keuangan. Salah satu yang paling terkenal saat ini adalah Bansos PKH non tunai yang digadang-gadang sebagai inovasi di ranah inklusi keuangan tingkat dunia. Penyalurannya menggunakan KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera dengan terapan Conditional Cash Transfer atau CCT.

Tujuan dari adanya Bansos PKH non tunai ini untuk lebih menekan angka kemiskinan maupun kesenjangan dalam masyarakat. Kartu tersebut berfungsi untuk merekam data penerima dana, sebagai dompet, sampai basic saving account. Jadi tidak perlu pakai rekening lagi ketika hendak mencairkan dana soalnya secara resmi difasilitasi oleh bank umum.

4. Inovasi di Bidang Pinjaman Online

Di bidang pinjaman online, inovasi terhadap inklusi keuangan juga begitu terasa. Khususnya setelah literasi dunia digital telah diserap secara luas oleh pengguna gawai di Tanah Air. Dengan adanya pinjaman online, Anda jadi tidak perlu lagi mengunjungi kantor layanan untuk mencairkan dana setelah melakukan pengajuan pinjaman.

Bahkan sekarang sudah ada pinjaman online tanpa agunan. Jika dibandingkan dengan pinjaman dengan jaminan, tidak terasa jauh bedanya. Hanya saja, Anda perlu hati-hati ketika hendak memiliki jasa layanan keuangan di sektor pinjaman online ini. Minimal jasa layanan tersebut sudah valid berdasarkan daftar fintech yang ada di OJK.

5. Inovasi di Bidang Pembayaran di Toko Online

Toko online pun tidak kalah dalam menawarkan pembaruan terkait inklusi keuangan. Kalau dulu toko online hanya berfungsi sebagai tempat jual-beli barang, sekarang sudah bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan dana. Ada pula yang menawarkan bentuk investasi seperti emas, reksadana, dan sebagainya.

 

Baca juga: Tanyakan Hal-Hal Berikut Sebelum Mengajukan Pinjaman OnlineĀ 

Berkat inovasi inklusi keuangan, greget masyarakat dalam upaya memperbarui kehidupan masing-masing begitu terasa. Tidak seperti dulu. Kalau mau menyimak tentang pengertian dan manfaat inklusi keuangan lebih lanjut, simak di https://www.cekaja.com/info/mengenal-inklusi-keuangan-pengertian-manfaat-dan-inovasinya-untuk-negara/.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *